Thursday, May 11, 2017

Penghitungan Pemilihan Model Regresi Terbaik Menggunakan SPSS

Penghitungan Pemilihan Model Regresi Terbaik Menggunakan SPSS - Selamat pagi semua ^_^ . Setelah sebelumnya saya membahas mengenai 4 metode pemilihan model regresi terbaik, kali ini saya akan membahas mengenai penghitungannya menggunakan SPSS. Saya disini langsung mengajarkan cara praktisnya saja supaya lebih cepat. Baik langsung saja berikut caranya.

Contohnya saya memiliki data sebagai berikut :
Data

Langkah-langkah :

1. Pilih Analyze-Regression-Linear

2. Masukkan Variabel Y ke Dependent dan lainnya ke independent, lalu pada bagian method kita pilih forward ( sebagai contoh kita gunakan metode forward selection), lalu klik Ok


3. Setelah klik Ok maka akan keluar output sebagai berikut :

Jadi variabel-variabel yang perlu dimasukkan dalam model adalah X4, X1, dan X2. Untuk metode lainnya yaitu backwar dan stepwise bisa dicoba sendiri, langkahnya sama seperti di atas, hanya saja pada bagian method silahkan dipilih sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Baik untuk kali ini mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat buat kalian semua :) Jangan lupa baca artikel lainnya :)

0 komentar:

Post a Comment